Kamis, 23 Februari 2012

cara merawat PC

Komputer adalah sebuah alat yang seharusnya membantu pekerjaan untuk lebih mudah. Tapi terkadang kita jengkel dengan komputer kita karena ada kerusakan / gangguan kecil yang seharusnya tidak perlu terjadi, bisa dibayangkan, dimana anda sedang diburu deadline untuk suatu pekerjaan kantor atau tugas sekolah, lalu tiba-tiba komputer anda mengalami gangguan seperti jalannya lebih lambat dari biasanya, atau bahkan macet, sama sekali tidak mau dijalankan ( Hang ), puiih….betapa jengkelnya. Padahal hari sudah larut malam, atau lagi hujan, mau pinjam ke teman atau ke saudara sudah tidak mungkin. Bertambah beratlah beban pikiran anda. Bagaimana harus menghadapi Bos untuk laporan pekerjaan, atau menghadapi guru atau dosen karena tugas belum selesai. Hal ini pernah saya alami saat masih kuliah. Dan saya sangat kapok tidak mau terjadi lagi.
Untuk mengindari hal-hal tersebut diatas, saya akan memberikan tips bagaimana merawat dan menggunakan komputer dengan baik, 
Yang pertama dan paling penting adalah kita harus siap bahwa kemungkinan terjadinya kerusakan atau ketidaknormalan kinerja komputer mungkin saja terjadi. Dengan membaca artikel ini berarti anda sudah melakukan langkah pertama pada rencana pencegahan/perbaikan/perawatan komputer anda.

1. Jangan pernah mematikan komputer dengan menekan tombol power sebelum OS/Windows benar-benar telah mati dan harddisk sudah tidak bekerja ( lampu indikator harddisk sudah tidak berkedip).Mematikan komputer dengan menggunakan tombol power tanpa menunggu OS berhenti akan menyebabkan kehilangan data atau file-file sistem Windows, lakukan hanya bila terpaksa. Lebih parah lagi jika kerusakan yang muncul adalah kerusakan fisik harddisk akibat head mengenai permukaan harddisk.Jika mungkin, lakukan reboot komputer dengan menekan Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan dan lakukan sekali lagi untuk reboot.
 

2. Belilah UPS (uninteruptable power supply). UPS mencegah komputer dari kerusakan yang disebabkan tegangan berlebih/berkurang. Pada saat listrik mati berarti komputer dimatikan tidak sesuai prosedur dan akibatnya ada pada point 1.
 

3. Backup, jangan tunggu hingga besok. Lakukan backup data yang penting ke eksternal storage misalnya floppy disk ( masih ada gak ya yang pakai ) , Zip Drive, CD-RW, DVD-RW dan lainnya.
 

4. Lakukan Scandisk dan Defragmentasi setiap sebulan sekali. Hal ini akan menjaga hard drive tetap sehat dan mencegah kerusakan.
 

5. Jangan pernah mencabut peripheral / komponen dari komputer jika komputer dalam keadaan menyala. Hal ini akan merusak soket atau motherboard. Pengecualian adalah untuk peripheral yang “hot pluggable” misalnya USB drive. Jika tidak mengerti apakah suatu peripheral “hot pluggable” maka ingatlah point 5 ini.
 

6. Sediakan minimal 500 Mb dari C: drive atau drive sistem free (Windows). JIka anda gunakan Windows Me atau Windows XP. Jika tidak cukup tempat untuk area kerja Windows maka akan memaksa windows untuk melakukan dumping data ke harddisk anda dan akan menyebabkan komputer bekerja sangat lambat.
 

7. Jangan terlalu banyak program yang dijalankan pada saat komputer mulai bekerja. Program ini dapat dilihat pada status bar dikanan bawan layer dan program-program ini menggunakan memori dan Windows Resources (Windows internal workspace). Jalankan hanya program yang digunakan
 

8. Lakukan scan virus secara berkala
 

9. Gunakan firewall jika anda terhubung ke internet. Firewall mencegah komputer anda dari akses yang tidak diinginkan.
 

10. Simpan dengan baik cd yang anda peroleh ketika membeli komputer dan peripheralnya. Disk-disk ini berisi driver dan program yang sesuai untuk komputer anda ketika anda perlu untuk menginstall ulang. Simpan ditempat yang aman, kering.
 
Semoga berguna

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost