Kamis, 23 Februari 2012

cara memperindah blogger



Perancang template blogger mempermudah anda memperindah tampilan blog blogpsot agar nampak lebih attraktif.

Sudah lama sebenarnya blogger.com menyediakan fitur perancang template blog blogspot. Saya tidak tahu persisnya kapan, dan kini fitur perancang template blogger benar-benar memanjakan anda yang ingin memiliki tampilan blog indah lebih dari sekedar ala kadarnya.

Fitur menarik perancang template blogger memperindah tampilan blog.


perancang template bloggerKetika anda membuat blog blogspot anda diberikan pilihan beberapa template awal untuk blog anda. Dan dahulu sebelum ada fitur baru perancang template blogger ini, anda hanya bisa pasrah memiliki template blog dua kolom yang sangat sederhana. Dengan munculnya fitur baru perancang template blogspot ini anda bisa dengan mudah memiliki tampilan blog tiga kolom dengan variasi tampilan vertikal dan horizontalnya. Sangat menarik sekali.

Disamping menyediakan pilihan untuk template tiga kolom, fitur perancang template ini juga bisa mengganti warna background, ukuran kolom, warna header, warna teks deskripsi blog, dsb. Singkatnya, anda yang ingin memperindah tampilan blog blogspot pasti akan tertarik untuk menggunakan fitur perancang template blogger ini.

Sebenarnya banyak tersedia template blog blogspot gratisan di internet dan anda bisa gunakan untuk memperindah tampilan blog blogspot anda, namun satu hal yang paling mengganggu adalah tulisan yang ada di bagian paling bawah ("footer") halaman blog anda.

Pada bagian footer atau bagian terbawah dari halaman blog anda yang menggunakan template blogger dari pihak ketiga biasanya terlihat tulisan atau beberapa URL yang sengaja dibuat oleh perancang template blog tersebut.

URL-URL tersebut menunjukkan "siapa" pemilik desain rancangan template blog yang anda gunakan, dan anda tidak seharusnya menghapus tulisan URL tersebut sebagai bentuk penghargaan anda atas jerih paya desainer template blog anda.

Tapi agar blog tampil lebih menarik, lebih "anda", khususnya untuk blog bisnis, maka anda pasti lebih suka hanya menampilkan URL anda sendiri, atau nama anda sendiri yang ada di bagian footer halaman blog bisnis online anda. Dan dengan menggunakan perancang template blogger ini anda dapat melakukan itu. Lalu bagaimana cara memperindah tampilan blog blogspot menggunakan perancang template blogger.

Cara merancang template blog dengan perancang template blogger.


Login ke blogger.com
Klik tulisan "rancangan" di dashboard.
perancang 
template blogger 
Jangan lupa sebelum anda menggunakan fitur perancang template blogger, download terlebih dahulu template lengkap ( full template ) blog anda yang sekarang anda gunakan. Mungkin nanti anda bermaksud akan kembali menggunakan template lama anda, sekaligus berjaga-jaga jika rancangan template yang nanti anda gunakan tampil tidak seperti yang anda harapkan.

Selanjutnya klik "perancang template".

perancang template blogger
Anda akan dibawa ke tampilan menu "blogger template disigner". Lihat gambar paling atas di artikel ini.

Klik "template"
Pilih salah satu gambar yang anda suka.
Gambar yang anda klik akan mengakibatkan perubahan tampilan "preview" blog anda (terlihat di layar anda)

perancang template blogger

Untuk mengubah background template blog klik "background".
"Adjust widths" untuk mengubah ukuran tampilan blog anda, baik ukuran bagian utama, ataupun ukuran sidebar blog.

Kemudian "layout", ini bagian yang dapat menjadikan blog anda memiliki dua atau tiga kolom dengan variasi tampilan horizontal dan vertikalnya. Silahkan anda pilih salah satu tampilan yang anda sukai baik untuk "body layout" maupun "footer layout".

Terakhir "advanced". menu untuk mengubah warna teks, jenis hurup, latar background menu, tab, latar tab dsb.

perancang 
template blogger

Selesai semuanya anda klik "apply to blog". Kini blog anda telah memiliki tampilan baru, lebih indah, lebih menarik. Bila kelak anda hendak mengubah kembali tampilan blog anda, anda bisa lakukan kapanpun.

Semoga penjelasan diatas mudah dipahami, bila ada yang kurang jelas silahkan angkat tangan dan ajukan pertanyaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost